Senin, 06 Desember 2010

Cermati : TIPS Memilih Sekolah Unggulan

SD Integral Al Amiin Hidayatullah Timika
1. Tentukan Visi Keluarga Terhadap Anak Anda 
    Apa harapan yang Anda inginkan pada anak Anda pada masa depan mereka. Harapan yang baik adalah yang memenuhi 2 hal: Ingin bisa apa dan menjadi apa anak Anda ke depan
2. Pilih Sekolah Yang Memiliki Visi Yang Relevan
    Anda harus datang ke sekolah-sekolah untuk memastikan bahwa sekolah yang Anda pilih memiliki visi yang sama atau mendekati. Visi sekolah bisa Anda ketahui dengan cara dialog atau Anda baca brosur-brosur sekolah tersebut.
3. Libatkan Anak Anda
    Perlu Anda sadari bahwa yang akan sekolah adalah anak Anda. Mereka perlu diajak untuk menentukan pilihan. Tentu dengan pengarahan sebelumnya. Sampaikan harapan Anda terhadap masa depan anak Anda sehingga menjadi pertimbangan anak kita ketika ikut memilih sekolah.
4. Lihat Program Sekolah
    Setelah Anda mengetahui visi sekolah maka coba Anda teliti program-program yang dirancang oleh pihak sekolah. Apakah program-program itu cukup untuk mencapai visi sekolah yang diharapkan. Untuk itu tanyakan pula indikator-indikator tercapainya visi sekolah untuk melihat kecukupan programnya.
5. Bagaimana Guru-Gurunya
    Sekolah berkualitas hampir selalu identik dengan guru-gurunya yang berkualitas. Oleh karena itu guru harus menjadi pertimbangan utama dalam memilih sekolah anak Anda. Hal yang terpenting perlu dicermati adalah bagaimana akhlak mereka serta apakah mereka mudah diajak kerja sama untuk mendidik anak Anda.
6. Cari Referensi Dari Lulusan
    Output atau outcome sekolah adalah bukti paling real dari kualitas sekolah yang ditawarkan. Anda bisa bertanya pada teman atau tetangga atau saudara atau orang lain yang Anda kenal yang putranya ada di sekolah yang Anda pilih.
7. Apakah Fasilitas Sekolah Aman & Nyaman
    Fasilitas sekolah tidak harus mewah. Yang terpenting adalah dari tidak membahayakan fisik Anda dan bersih. Sekolah yang bersih secara tidak langsung mengajarkan anak Anda untuk bersikap bersih. Demikian sebaliknya, kelas-kelas yang kotor akan menjadikan anak kita kehilangan sense tentang kebersihan.
8. Amati School Culture Sekolah
    Sekolah yang memiliki budaya/kultur yang baik akan melahirkan sikap-sikap yang baik pada anak didiknya. Sekolah yang berkualitas minimal harus memiliki 5 budaya: Budaya disiplin waktu, budaya membaca, budaya bersih, budaya prestasi dan budaya akhlak mulia.
9. Kemampuan Dana Anda 
    Sekolah yang memiliki ciri-ciri di atas umumnya membutuhkan biaya di atas rata-rata. Mahal atau murah sebenarnya adalah relatif. Namun ada beberapa sekolah yang sangat efektif dalam pengelolaan dananya, sehingga mungkin ada 2 sekolah yang kualifikasinya sama tapi berbeda pembiayaan sekolahnya.
--disalin dari tulisan Masruri, Direktur Konsorsium Pendidikan Islam (KPI)-/cangkruk.com

3 komentar: